info.tokomatika@gmail.com
0822-8732-8300

Sejarah Koperasi Kartika Sembada

Koperasi Kartika Sembada berdiri tahun 1982. Pada saat berdiri, Koperasi Kartika Sembada bernama Koperasi Pegawai Negeri PPPG Matematika, disingkat KPN PPPG Matematika. KPN PPPG Matematika didirikan berdasarkan surat ketetapan Badan Hukum No. 1255/BH/XI, tanggal 4 Oktober 1982. Pendirian KPN PPPG Matematika diinisiasi oleh Drs. Sumirat, yang pada waktu itu merupakan salah satu Kepala Bidang di PPPG Matematika. Pimpinan PPPG Matematika saat itu adalah Drs. Hirjan.Sebagai ketua pengurus pertama KPN PPPG Matematika adalah Drs. Soemirat. Anggota KPN PPPG Matematika adalah Pegawai Negeri Sipil Kantor PPPG Matematika. Bidang usaha KPN PPPG Matematika adalah usaha alat tulis, jasa boga (catering), elektrikal, perabot rumah tangga, bahan tekstil, cleaning service, alat/peralatan/suku cadang teknik pendidikan, peragaan, visualisasi, olah raga, dan kesenian.

Perubahan kedua anggaran dasar KPN PPPG Matematika dilakukan tahun 1989. Perubahan anggaran dasar ini didasarkan pada Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Koperasi Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 75-SK/KWK.12/4/VII/1989 tertanggal 24 Oktober 1989. Salah satu perubahan penting pada perubahan anggaran dasar tersebut adalah perubahan nama dari KPN PPPG Matematika menjadi KPN Kartika. Selain itu mencapai tujuannya terjadi perubahan jenis usaha Koperasi menjadi:  mewajibkan dan menggiatkan anggota untuk menyimpan pada koperasi secara teratur, simpan pinjam, pertokoan, pertanian, dan menambah pengetahuan anggota tentang perkoperasian.

Perubahan keempat anggaran dasar

Pada tanggal 9 Januari 1997 dilakukan perubahan anggaran dasar. Perubahan anggaran dasar ini didasarkan dengan ketetapan dari Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Republik Indonesia Kantor Wilayah Propinsi DI Indonesia, Nomor 09/BH/PAD/KWK-12/1/1997. Pada saat perubahan anggaran dasar ini, bertindak selaku Ketua I adalah Herry Sukarman, MSc, Ed. dan Ketua II Drs. M. Fuad Almasrury MM. Salah satu point penting perubahan tersebut adalah tentang bidang usaha, yaitu menjadi: simpan pinjam, pertokoan, urusan jasa (fotocopy, perikanan/pertanian, dan alat peraga matematika).

Perubahan keempat KPN Kartika terjadi pada tahun 2014. Berdasarkan hasil RAT tutup buku tahun 2014 disepakati bahwa dilakukan perubahan nama KPN Kartika menjadi Koperasi Kartika Sembada. Proses selanjutnya dilakukan pengurusan perubahan anggaran dasar tersebut melalui notaris dan disyahkah dengan akta notaris No. 02 tanggal 02 Desember 2015. Setelah dari notaris anggaran dasar kemudian disampaikan ke Dinas koperasi untuk memperoleh pengesahan Bupati Sleman, dan telah keluar SK pengesahan Bupati Sleman Nomor: 003/PAD/XV.4?KAB.SLM/II/2016 pada tanggal 18 Februari 2016. Selain perubahan nama, juga dilakukan perubahan keanggotaan dimana anggota Koperasi Kartika Sembada meliputi: Pegawai Negeri Sipil atau Tenaga Kontrak PPPPTK Matematika (atau sesuai nomenklatur yang berlaku, atau karyawan Koperasi Kartika Sembada, atau Pegawai Negeri Sipil atau tenaga kontrak SEAMEO QITEP in Mathematics.

Selain keanggotaan, pada perubahan keempat tersebut dirumuskan juga visi Koperasi Kartika Sembada, yaitu: Terwujudnya koperasi KARTIKA SEMBADA yang mandiri, profesional dan berdaya guna bagi anggota. Melali visi baru tersebut kemudian secara perlahan Koperasi Kartika Sembada berkembang menjadi suatu unit usaha yang lebih mandiri, profesional, dan lebih berdaya guna bagi anggota.

Untuk  mencapai   tujuannya  Koperasi menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai berikut Fotocopy  (penggandaan/fotocopy, jilid, laminating, edit dan cetak cover), Catering (penyediaan konsumsi diklat, seminar, pernikahan, acara keluarga, dan lain-lain), Pertokoan  (penjualan dan pengadaan kebutuhan sehari-hari, alat tulis dan peralatan kantor, air minum isi ulang, serta alat dan media belajar)dan Unit Simpan pinjam.

Barang bisa di order ke Tokomatika.com